Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu

Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu

Anda Divonis Menderita Batu Empedu ? Temukan Solusi Pengobatannya Disini..

Batu empedu adalah batuan kecil yang terbentuk dan terletak di saluran empedu manusia dan berasal dari kolesterol, hampir sebagian besar dari kasus dari batu empedu, muncul tanpa menimbulkan gejala, namun akan terjadi penyumbatan bagian ujung pada empedu yang akan memicu rasa sakit yang cukup hebat, biasanya rasa sakit ini muncul secara mendadak, dan nyeri ini disebut dengan nyeri kolik, yang dapat terjadi dan bertahan selama hitungan jam.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu

Apakah penyakit Ini dapat menyebabkan kematian dan termasuk penyakit yang berbahaya ?
Luangkan waktu 3 menit ↵

Pertanyaan ini mungkin sering kali rerpikir dalam kepala anda, penyakit ini salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan dan  dapat menyebabkan gejala seperti, mual dan muntah, sakit perut, perut kembung, dan gangguan pencernaan lainnya, ternyata pada kasus yang sudah mengalami keparahan bisa menyebabkan jiwa penderitanya melayang.

Penyebab Terbentuknya Batu Empedu

Terjadinya pembentukan kolesterol yang tertimbun pada cairan empedu, karena terjadinya ketidakseimbangan antara jumlah senyawa dengan jumlah kolesterol dalam cairan tersebut. Berikut Faktor yang dapat meningkatkan Anda terkena penyakit batu empedu :

  • Faktor usia. Risiko batu gijal ini akan bertambah dengan seiring nya usia, mengapa demikian? karena penyakit ini memang pada umumnya terjadi dan sering dialami oleh orang yang berusia diatas 40 tahun.
  • Jenis kelamin. Risiko pada wanita yang mengalami batu mepedu ini lebih tinggi terjadi di bandingkan dengan pria.
  • Dampak melahirkan. Risiko terjadinya batu empedu ini akan lebih meningkat jika anda mengalami kelebihan berat badan, atau yang disebut dengan obesitas, hingga penurunan berat badan yang terjadi drastis.

Selanjutnya ..

Ada beberapa makanan yang dianjurkan bagi penderita batu empedu :

  • Bayam,  sayuran hijau pilihan yang di konsumsi oleh penderita namun dengan batas tertentu.
  • Salmon, Ikan salmon mengandung omega 3, dengan lemak 11 gram.
  • Yogurt, makanan sumber kalori untuk tubuh, dan memiliki beberapa kandungan yang baik bagi penderita batu empedu,
  • Lobak, baik bagi penderita batu empedu, seperti lobak hitam terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol,
  • Mentimun, sangat bermanfaat untuk membersihkan racun yang terdapat dalam hati.
  • Lemon, vitamin C dan asam sitrat yang dimiliki oleh lemon sangat baik untuk penderita batu empedu.
  • Tomat, mengandung mineral dan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin K, folat dan tiamin. Juga mengandung sumber kalsium potassium, magnesium, mangan, fosfor dan tembaga. Mengkonsumsi tomat secara rutin akan meringankan sakit batu empedu dan mengurangi resiko batu empedu.

Selanjutnya ..

Selain beberapa makanan yang dianjurkan di atas, adapula makanan yang tidak dianjurkan bagi penderita batu empedu seperti :

  • Telur,  makanan yang bisa tercampur dengan batu empedu, karena memiliki kadar kolesterol yang terlalu tinggi, telur menjadi penyebab terjadinya batu empedu.
  • Daging Berlemak, lemak jenuh seperti yang terdapat dalam daging berlemak dapat menjadi pemicu gejala hati berlemak, beberapa daging merah harus dihindari seperti sosis, daging merah, daging babi, ikan berlemak. sebagai sumber protein lainnya anda bisa mengganti dengan ayam namun tidak mengkonsumsi pada bagian kulitnya untuk menghindari iritasi batu empedu.
  • Gorengan, makanan yang di olah dengan cara di goreng sebaik nya dihindari, termasuk juga dengan makanan cepat saji, karena lemak yang terhidrogenasi parsial, dan juga terdapat lemak jenuh akan membuat memperparah nyeri batu empedu dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.
  • Makanan Kemasan, hinari makanan yang di proses dan dikemas seperti kue atau donat, asam lemak trans dalam makanan cenderung akan menyebabkan gejala batu empedu, beberapa jenis makanan seperti donat, hidangan penutup, keripik kentang dan lain sebagainya.

Selanjutnya ..

  • Makanan Pedas, memang makanan pedas sangat digemari oleh masyarakat selain nikmat menjadi penambah selera pada makan, namun perlu kita ketahui makanan pedas dapat membuat kantung empedu yang terinfeksi akan menjadi semakin meradang dan iritasi, untuk itu berhati-hatilah apabila akan mengkonsumsi makanan pedas terutama sudah melakukan operasi pengangkatan batu empedu.
  • Camilan Ringan, harus di hindari seperti kue kering, kacang tanah, keripik kentang, keripik jagung, sebaiknya sedikit hindari dan tidak dikonsumsi.

Komplikasi Akibat Batu Empedu

Walau jarang sekali terjadi,penyakit batu empedu dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh seperti inflasi kantong empedu, dengan gejala seperti :

  • Demam tinggi
  • Sakit kuning
  • Denyut jantung berdetak cepat
  • Rasa sakit yang terjadi pada perut dengan terus menerus

Langkah Pengobatan Mengatasi Batu Empedu

Keberadaan pada batu empedu ini memang tidak menimbulkan gejala, sehingga tidak perlu memerlukan penanganan yang secara khusus, namun jika terjadi gejala yang dapat menganggu dan membuat anda tidak nyaman dan terjadi komplikasi, sebaiknya harus di tangani. Langkah pertama dapat di tangani dengan menggunakan obat-obatan, namun apa pula langkah yang hingga melakukan operasi pengangkatan kantong batu empedu.

 

By https://www.grosirherbalindonesia.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Konsultasi yuk!