Pantangan Makanan Setelah Operasi Usus Buntu

Pantangan Makanan Setelah Operasi Usus Buntu

Pasca Operasi Usus Buntu Bingung Mau Makan Apa ? Jangan Sembarangan !

Ketahui Makanan Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pasca Operasi Usus Buntu

Pasca operasi usus buntu bukan berarti pasien sudah bebas makan ini itu. Harus dipantang ! Pantangan makanan ini dilakukan untuk mencegah timbulnya luka dan masalah baru di sistem pencernaan bagian usus. Untuk mempercepat masa pemulihan dan menghindari komplikasi setelah operasi.

Pantangan Makanan Setelah Operasi Usus Buntu

Luangkan Waktu Kurang Dari 7 Menit Untuk Tahu Informasinya

Hindari makanan di bawah ini

  1. Makanan yang mengandung lemak tinggi dan gas

Pasca operasi tentunya pasien harus segera pulih. Nah pada masa-masa pemulihan awal sekitar 7-10 hari pertama. Pasien tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan berlemak karena bisa menyebabkan adanya lemak pada bagian usus yang diangkat.

Makanan berlemak pun bisa menimbulkan diare saat pemulihan operasi. Contoh makanan berlemak gorengan, makanan yang mengandung minyak. Makanan dan minuman mengandung gas pun tidak diperbolehkan karena bisa menambah tekanan dalam perut sehingga pasien mengalami mual dan muntah juga bisa menyebabkan diare. Minuman yang mengandung gas misalnya pepsi, fanta, sprite. Sedangkan makanan yang mengandung alkohol misal tape atau berbagai macam minuman yang mengandung alkohol tinggi.

      2. Jauhi dulu makanan tinggi gula

Siapa yang tidak suka makanan manis ? Saya yakin semua orang pasti suka, tapi khusus untuk pasien pasca operasi lebih baik dihindari dulu makanan tinggi gula karena bisa berdampak timbulnya diare pasca operasi usus buntu. Contoh makanan tinggi gula permen, kue kering, jelly. Kandungan gula ini bisa menyebabkan tinja jadi lebih cepat keluar dari pencernaan, dimana pasti tidak baik untuk usus karena usus sedang dalam masa penyembuhan.

    3. Hentikan makanan pedas

Maknan pedas ini disinyalir bisa menyebabkan usus buntu. Oleh karena itu hindari makanan pedas. Makanan yang mengandung cabai, lada dan paprika bisa menyebabkan komplikasi maag pada pencernaan. Ditakutkan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian perut atas dan berakhir muntah sehingga menyebabkan komplikasi lain setelah radang usus buntu.

   4. Jauhi makanan dan minuman yang mengandung kafein

Bagi pasien yang sedang menjalani proses penyembuhan setelah operasi usus buntu diharapkan untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein agar tidak terkena masalah pada lambung.

Dan

   5. Jangan dulu konsumsi makanan kaya serat

Bukannya tidak boleh mengkonsumsi makanan kaya akan serat, makanan mengandung serat memang sangat baik untuk mencegah usus buntu tetapi tidak baik dikonsumsi oleh penderita operasi usus buntu. Misal nanas, semangka, agar-agar sebaiknya jangan dulu dikonsumsi ya.. ini karena makanan makanan tersebut bisa menyebabkan terdorongnya sisa sisa makanan dengan cepat sehingga mendesak usus besar yang juga mengalami proses penyembuhan pasca operasi usus buntu.

Sangat penting mengetahui pantangan suatu penyakit, agar kita bisa lebih waspada dan terhindar dari komplikasi ataupun efek samping. Khusus bagi pasien pasca operasi usus buntu bisa menjadi tolak ukur pasca operasi bisa pulih dengan cepat atau lambat dari faktor makanan.

Lalu apa yang harus dikonsumsi pasien pasca operasi usus buntu ?

Inilah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh pasien pasca operasi usus buntu:

  • Tahu Kukus

Bisa olah tahu kukus menjadi bentuk perkedel atau juga bisa dijadikan pepes tahu yang ditambah dengan variasi sayuran semacam daun bawang atau seledri.

  • Sup Sayuran

Tidak hanya olahan perkedel tahu. Pasien bisa juga mengkonsumsi sup sayur yang ditambahkan ayam dan sayuran yang telah dipotong kecil-kecil. Agar daging ayam lebih mudah dicerna. Tapi sebaiknya daging ayam dihaluskan dengan cara digiliing halus, lalu dibuat seperti bola cincang atau rolade. Campurkan dengan sayur atau ayamnya bisa juga dijadikan kukus rolade.

By https://www.grosirherbalindonesia.com/

Wanita 22 tahun yang tertarik dengan skincare dan makanan organik. Selama 3 tahun menghabiskan waktunya membuat artikel kesehatan dari berbagai sumber khususnya dalam pemanfaatan obat herbal. Tujuannya menulis untuk memotivasi dirinya agar menjalankan pola hidup sehat dan menyebarkan informasi. Nabila berkomitmen membatasi junk food dan olahraga rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Konsultasi yuk!