Mengenal Sindrom Kaki Gelisah Saat Tidur

Mengenal Sindrom Kaki Gelisah Saat Tidur

Pernahkah anda merasakan kaki gelisah saat tidak melakukan aktivitas apapun ? Kaki gelisah ini ditandai juga oleh rasa gelisah saat mau tidur atau saat duduk. Gelisah ingin menggerak-gerakan kaki atau juga menekuk kaki.

Mengapa Sindrom Kaki Gelisah Bisa Terjadi ?

Peneliti Kesehatan mengatakan bahwa sindrom kaki gelisah terjadi karena kurangnya zat besi. Riset membuktikan 20% pasien yang mengalami kondisi ini terbukti memiliki kandungan zat besi 50 microgram per liter besi, walaupun memang 70% pasien mempunyai kandungan zat besi yang lebih dari cukup dalam darah.

Kondisi ini juga kerap dikaitkan dengan kondisi masalah dan penyakit lainnya seperti kekurangan magnesium, folat, kesulitan tidur, diabetes, masalah parkinson, penyakit celiac, varises, fobromyaglia, uremia dan arthritis rematik. Wanita hamil juga rentan mengalami ini lho !

Beberapa Penyebab Umum Sindrom Kaki Gelisah

Faktor Genetik

Banyak dari pasien RLS memiliki anggota keluarga dengan kondisi yang serupa. Penelitian mengatakan sindrom kaki gelisah memang bisa menurun melalui kerabat.

ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder – Kelainan Hiperaktif)

Penelitian mengatakan ada hubungan yang dekat antara kelainna hiperaktif dan sindrom kaki gelisah, ini karena keterbatasannya seseorang dalam memproduksi zat dopamin, zat ini adalah zat neurotransmitter yang bisa menstimulasi beberapa zat lain dalam tubuh seperti zat epiferin (adrenalin). Peneliti menemukan lebih dari 40% pasien ADHD juga memiliki sindrom kaki gelisah.

Akibat Obat : Penelitian menunjukan ada beberapa macam obat seperti antihistamin, antiemetics, dan obat-obatan penenang. Mengkonsumsi obat tersebut sebenarnya dapat memperparah kondisi.

Penanganan Sindrom Kaki Gelisah

Sindrom ini bisa jadi permanen jika tidak segera ditangani ! Inilah anjuran penanganan sindrom kaki gelisah yang bisa kamu lakukan sendiri :

Kompres Kaki dengan air dingin atau air panas, kondisi ini akan membuat anda merasa nyaman. Perubahan suhu bisa membantu mengurangi sindrom. Selain mengompres, anda bisa mandi atau berendam di air hangat.

Pijat Kaki agar otot lebih rileks dan bisa meringankan gejala sindrom.

Mengubah gaya hidup, batasi konsumsi alkohol. Peneliti meyakini adanya kaitan antara gaya hidup dengan frekuensi terjadinya sindrom kaki gelisah. Oleh karena itu mulailah gaya hidup sehat.

Rutinitas tidur harus cukup dan teratur, misal anda harus tidur pada jam yang sama setiap hari. Kebiasaan ini bisa membantu anda untuk tidur dengan baik.

Kelola Stress. Stres bisa sangat berdampak pada kesehatan.

By https://www.grosirherbalindonesia.com

Wanita 22 tahun yang tertarik dengan skincare dan makanan organik. Selama 3 tahun menghabiskan waktunya membuat artikel kesehatan dari berbagai sumber khususnya dalam pemanfaatan obat herbal. Tujuannya menulis untuk memotivasi dirinya agar menjalankan pola hidup sehat dan menyebarkan informasi. Nabila berkomitmen membatasi junk food dan olahraga rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Konsultasi yuk!