Ciri Ciri Gendang Telinga Pecah

Ciri Ciri Gendang Telinga Pecah

Gendang telinga, telinga merupakan organ panca indra yang sangat penting pada manusia, gendang teling ini termasuk organ telinga bagian dalam yang letaknya di bagian telinga tengah sebagai lapisan penting, yang dapat membantu telinga dapat berfungsi sebagai pelindung dan sebagaimana mestinya. Struktur telinga sangat rapuh dan sangat rentan mengalami cidera, cidera yang dialami berupa pecah atau robek dan sering terjadi gejala sebagai berikut :

Ciri Ciri Gendang Telinga Pecah  :

  1. Adanya rasa sakit yang menusuk namun dapat sembuh kembali dengan sendirinya.
  2. Keluar cairan dari dalam telinga seperti nanah dan bercampur darah.3. Hilangnya kemampuan mendengar.
  3. Telinga berdenging
  4. Terjadinya Vertigo
  5. Akibat adanya vertigo yang menyebabkan munculnya rasa mual dan muntah.

Kok bisa gendang telinga pecah, apa penyebabnya?

Adanya Infeksi, penyebab dari terjadinya gendang telinga pecah diakuibatkan oleh adanya infeksi, jika anda terkena infeksi telinga tengah, dengan sendirinya cairan akan menumpuk di belakang gendang telinga, dan tekanan yang di sebabkan oleh penumpukan cairan dapat membuat membran timpani mengalami pecah dan menegang.
Terjadinya Perubahan tekanan, kegiatan dan akitivas lain juga dapat memicu terjadinya perubahan tekanan sperti :

  • Menyelam dengan scuba
  • Mengemudi di dataran tinggi
  • Terbang dalam sebuah pesawat

Cidera Atau Trauma, cidera juga bisa saja membuat membran timpani pada telinga mengalami trauma, yang memang di sebabkan oleh cidera kepala yang memang dapat menimbulkan robekan atau pecahan, dan juga dengan melakukan pembersihan telinga menggunakan kapas cutton buds sebenarnya dapat menyababkan merusak selaput gendang telinga jika dilakukan secara tidak berhati-hati.
Bagaimana Cara Pengobatan Pada Gendang Telinga Yang Pecah?

Mengapa membran timpani yang bojor harus di obati? fungsinya untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi dan mencegah infeksi, apabila anda ingin meredakan dan menghilangkan rasa sakit, anda dapat mengkonsumsi obat-obatan pereda sakit, namun jika anda tidak suka untuk mengkonsumsi obat-obatan pereda sakit, biosa dialkukan pengobatan seperti mengompres dengan air hangat pada bagian telinga beberapa kali sehari.

Selanjutnya ..

Ada Beberapa Penanganan Pada Gendang Telinga Yang Pecah Sebagai Berikut :

Antibiotik

Sejenis obat yang membantu menyembuhkan infeksi yang telah menyebabkan gendang pada telinga pecah atau robek.

Penambalan

Apabila lubang pada gendang tidak dapat menutup dengan sendirinya, dokter mengambil tindakan menambal gendang telingan, dengan lapisan khusus untuk menambal lubang membran timpani yang akan merangsang pertumbuhan yang mengalami kerusakan.

Operasi Gendang Telinga

Operasi menjadi jalur pengobatan terakhir, jika memang ingin cepat sembuh. Metode ini  bisa menjadi pilihan, namun anda harus waspada akan efek smaping pasca operasi. Tidak ada satupun tindakan operasi yang tidak menyebabkan efek samping.

Pada umumnya sebagaian kasus yang terjadi pada gendang telinga yang robek dan pecah, sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya tidak harus dengan melakukan penanganan yang sangat invasif, bagi penderita gendang telinga pecah ini hanya mengalami kehilangan pendengaran namun biasanya dapat pulih kembali dengan hitunagn minggu kurang lebih 8/10 minggu

Di bawah ini ada beebrapa tips yang harus anda lakukan agar cepat sembuh dan baik hasilnya :

1. Tidak mengeluarkan ingus dari hidung dengan kuat dan secara memaksa, meniup hidup akan menimbulkan tekanan dari dalam telinga yang bisa menimbulkan rasa sakit, yang nantinya akan berdampak memperlambat penyembuhan.

2. Jagalah telinga agar tetap kering dan tidak kemasukan oleh air, hal yang dapat anda lakukan juga ketika mandi anda dapat memasang kapas pada lubang telinga anda, hindari aktivitas berenang ketika gendang telinga pecah anda belum sembuh total.

 

By https://www.grosirherbalindonesia.com/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Konsultasi yuk!