Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering

Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering Tanpa Waktu Lama

Bingung tiba-tiba cacar padahal beberapa minggu lagi liburan ? Jangan khawatir, cacar bisa cepat sembuh asal penanganannya tepat !

Cacar air tiba tiba muncul, penyebabnya infeksi virus di kulit dan juga membran mukosa, menyebabkan lenting di seluruh tubuh juga wajah. Penyakit ini bisa menular ke orang yang sebelumnya belum pernah menderita cacar air/tidak penah menerima vaksin cacar air.

Penyebabnya adalah virus herpes (varicella-zoaster). Virus ini menyebabkan cacar air pada anak-anak dan shingles saat dewasa. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi yang berat.

Cacar air adalah penyakit menular yang sering sekali terjadi. Penyakit ini bisa terjadi di semua usia. Tetapi sebagian besar terjadi pada anak-anak. Mereka yang memiliki sistem imun lemah, resikonya lebih tinggi mengalami cacar air. Vaksin bisa mencegah cacar air atau membuat penyakit ini menjadi lebih ringan. Sebagian besar kasus parah juga terjadi pada orang dewasa.

Ciri Ciri dan Gejala Cacar Air

Ciri dan gejala cacar air biasanya ada setelah 7-21 hari setelah terkena virus. Bentol bentol muncul di tubuh setlah 2-3 hari lalu berkembang menjadi lenting gatal yang isinya cairan dan mengering berbentuk koreng dalam 4-5 hari. Lenting yang muncul pun jumlahnya sedikit, tapi bisa juga hingga lebih dari 500 lentingan. Penularan cacar air bisa dimulai sejak 1-2 hari sebelum ruam muncul, hingga 6 hari lenting terbentuk. Di mulut, telinga, dan mata juga berbentuk luka.

Kenali gejala cacar air yang semakin memburuk :

  • Adanya bintik merah yang menyebar ke salah satu mata atau kedua mata.
  • Bintik menjadi lebih sensitif dan juga panas, bisa jadi ini infeksi.
  • Pusing, denyut jantung terasa cepat, disorientasi, gemetar, batuk batuk berat, muntah, terasa kaku leher dan demam tinggi lebih dari 39,4 C.

Faktor Resiko Yang Menyebabkan Terjadinya Cacar :

  • Anda belum pernah terkena cacar sama sekali
  • Belum menerima vaksin cacar
  • Bekerja di area keperawatan atau sekolah dasar
  • Tinggal dengan anak anak

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Cacar Air ?

Inilah pengobatan rumahan untuk mengatasi cacar :

  1. Hubungi dokter jika anda sedang hamil dan terpapar dengan penderita cacar air
  2. Bersihkan tangan secara teratur, dan cuci seprei juga pakaian yang baru dipakai dengan air sabun yang panas
  3. Jaga agar kuku anda tetap pendek agar tidak menggaruk untuk mencegah infeksi
  4. Gunakan obat non-aspirin untuk mengobati demam
  5. Konsumsi obat obatan antihistamin untuk mengurangi rasa gatal
  6. Hubungi dokter jika anda mengalami muntah muntah, sulit tidur dna juga rewel serta penurunan kesadaran
  7. Vaksin cacar pun tersedia bagi mereka yang belum pernah menderita cacar air

Lakukan pengobatan rumahan ini secara bertahap untuk hasil maksimal.

Jika sudah terlanjur terkena cacar dan kondisinya sulit kering lalu anda ingin cepat cepat sembuh. Anda bisa melakukan pengobatan menggunakan bahan bahan dibawah ini :

Inilah cara mudah agar cacar air cepat kering dan sembuh tanpa meninggalkan bekas.

Pakai Jagung

Dalam jagung terdapat kandungan gizi tinggi yang cocok dikonsumsi agar cacar air cepat kering tanpa meninggalkan noda hitam. Dalam jagung terdapat zat antioksidan yang sangat tinggi, asam linoleat dan mineralnya pun sangat penting dimana nutrisi tersebut fungsinya untuk menenangkan iritasi, mengatasi peradangan dan bantu mengempiskan lentingan cacar sehingga bisa mempercepat proses keringnya cacar dari dalam.

Jangan Menggaruk

Cacar air akan menimbulkan gatal, oleh karena itu hindari garukan karena menggaruk hanya akan menyebabkan lentingan pecah dan membentuk infeksi. Infeksi ini menyebabkan lentingan semakin bertambah. Lentingan semakin besar ini bisa melebar di kulit dan menghalangi cacar menjadi kering.

Selanjutnya

Menggunakan Air dan Es Batu

Air es bisa digunakan untuk mengatasi cacar air agar cepat kering caranya guyur tubuh yang terdapat lentingan cacar dan air es yang telah dicampur dengan air biasa agar sejuk.

Minyak Vitamin E

Minyak vitamin E bisa kita temui di berbagai apotek. Minyak ini memiliki kemampuan mengeringkan luka bakar lebih cepat, luka tersayat bahkan juga bisa mengatasi lengtingan cacar. Namun anda juga jangan khawatir, minyak ini bisa mengeringkan lentingan tanpa membuat kulit menjadi kering sehingga lentingan cacar tidak mengalami perih sama sekali.

Selanjutnya

Bedak Salycil

Tidak banyak yang tahu bahwa bedak ini memiliki kandungan yang bagus untuk mengatasi gatal. Ada kandungan mentol dan kamfora yang bermanfaat untuk meredakan rasa gatal, bantu berikan efek hangat dan perasaan lebih nyaman di kulit yang terserang luka atau cacar. Salycil merupakan salah satu bedak tabur yang bisa dijadikan sebagai cara mengatasi cacar air lebih cepat.

Salep Aciclovir

Aciclovir ini formulasinya ekstra untuk mengobati berbagai jenis luka, mengangkat sel kulit mati, mengeringkan jaringan luka hingga menyembuhkan luka. Salep ini cocok untuk mengeringkan cacar dan tidka meninggalkan bekas saat kulit mengelupas dengan sendirinya.

By https://www.grosirherbalindonesia.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Konsultasi yuk!