Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat, bisa temukan caranya disini.

Anyang anyangan adalah kondisi adanya rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Dalam medis disebut dengan disuria. Frekuensi buang air kecil biasanya akan lebih sering, malah bisa mencapai dua kali dalam waktu satu jam. Rasa tidak nyamannya bisa berupa nyeri, rasa sakit, panas hingga seperti terbakar di area alat kelamin anda.

Anyang anyangan sebagian besar kasusnya sering terjadi pada wanita dibanding pria. Ini bukan tanpa alasan, seseorang menderita kondisi ini adalah karena wanita memiliki uretra yang cenderung pendek sehingga bisa dengan mudah mengalami infeksi.

Gejala dan Ciri Ciri Anyang-Anyangan

Anyang anyangan ini sebenarnya adalah gejala adanya indikasi suatu penyakit. Maka dari itu tanda yang dialami masing masing orang tidaklah sama. Tanda dan gejala yang timbul tergantung dari penyebab anyang anyangan yang mendasarinya.

Jika ada infeksi dari bakteri yang menyerang organ vital, maka bisa menimbulkan gejala berupa rasa nyeri dan sakit saat buang air kecil. Kondisi ini biasanya mengarah pada adanya infeksi saluran kemih. Tapi dalam beberapa kasus, gejala yang timbul tidak berupa rasa sakit ataupun nyeri saja. Ini artinya kondisi ini bisa terjadi karena tanda lain :

  1. Ingin terus buang air keicl
  2. Sulit mengontrol kandung kemih
  3. Urin berwarna keruh, gelap dan cenderung lebih pekat
  4. Tidak nyaman saat buang air kecil
  5. Terkadang diiringi dengan demam

Mengapa Anyang Anyangan Bisa Terjadi ?

Ada berbagai penyebab anyang-anyangan. Seperti yang telah dilihat sebelumnya, penyebabnya karena ada infeksi bakteri yang mengarah di penyakit infeksi saluran kemih.

Jenis infeksi yang paling umum yang menjadi penyebab anyang anyangan antara lain infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, infeksi prostat, dan peradangan juga pembengkakan di bagian uretra.

Inilah hal lain yang menyebabkan anyang-anyangan :

Timbulnya batu pada kandung kemih. Adanya gumpalan keras di kandung kemih. Kondisi ini terbentuk karena tidak buang air kecil secara tuntas sehingga urin menggumpal dan terbentuklah kristal mineral.

  1. Akibat trauma. Terjadi akibat adanya cedera dan iritasi setelah pemasangan kateter urin maupun kontak seksual.
  2. Karena obtruksi anatomik. Akibat pembesaran prostat dan penyempitan saluran kencing.
  3. Tumbuh jaringan abnormal di area intim, inilah yang membuat nyeri saat urin menyentuh jaringan abnormal.
  4. Iritasi di organ intim. Resiko anyang anyangan rentan terjadi pada wanita semakin besar.
  5. Faktor hormonal. Efek pasca-menopause yang membuat vagina terasa kering.
  6. Kondisi neurologis. Saat sulit mengosongkan kandung kemih.
  7. Kanker. Menyerang uretra, prostat, dan juga kandung kemih maupun penis.
  8. Penggunaan sabun, produk perawatan intim dan parfum.
  9. Peradangan di vagina. Terjadi karena bakteri, parasit, jamut dan virus yang menyebbkan gatal perih dan juga infeksi.

Obat Anyang Anyangan

Karena banyak sekali penyebab anyang-anyangan, maka perlu pilih obat anyang-anyangan dengan cepat. Untuk kasus infeksi saluran kencing, infeksi ginjal, kandung kemih, uretritis, vaginitis akibat bakteri, maka obat anyang anyangan yang paling tepat adalah mengkonsumsi antibiotik sesuai dengan resep dokter.

Untuk kasus vaginitis biasanya dipicu karena pertumbuhan jamur, maka dari itu obat anyang anyangan yang dipilih dikhususkan untuk mengurangi hingga menghilangkan perkembangan jamur di vagina.

Infeksi jamur bisa diatasi dengan obat antijamur, baik berupa obat oral, supositoria, dan krim yang langsung dioles ke vagina. Obat oral ini bisa dijadikan pilihan obat anyang-anyangan akibat vaginitis, termasuk clotrimazole, miconazole, terconazole dan nistatin.

Krim untuk vagina, supositoria vagina dapat didapatkan tanpa harus memakai rsep dokter, tetapi untuk obat oral perlu resep dokter terlebih dahulu.

Selain itu ada pula obat analgesik seperti phenazopyridine, sebagai pilihan obat anyang-anyangan lain yang fungsinya bagus mengatasi rasa nyeri atau meredakan rasa sakit di area saluran kemih anda. Obat ini bisa mengubah warna urin menjadi jingga kemerahan. Antinyeri dan juga obat minum seperti asetaminofen juga ibuprofen bisa digunakan sebagai obat anyang-anyangan.

Adakah Tips Mengatasi Anyang-Anyangan Di Rumah ?

Kiat kiat mengatasi anyang-anyangan di rumah :

Mengatasi anyang-anyangan tidak bisa sembarangan. Berikut ini kiat kiat yang bisa diatasi untuk mengatasi anyang-anyangan.

  • Konsultasi pada spesialis urologi

Anyang-anyangan penyebabnya bisa karena beberapa hal, seperti ISK, tumor saluran kemih atau batu kemih.

Jika semakin bertambah parah ada baiknya segera melakukan penanganan.

Menjaga kebersihan organ intim

Setelah buang air kecil, bersihkan selalu saluran kencing dari arah depan ke belakang. Tujuannya adalah mengurangi perpindahan bakteri dari anus (belakang) ke saluran kencing depan. hindari douching atau membersihkan vagina dengan cara menyemprotkan cairan dalam vagina.

Hal ini sangat bahaya.

Berendam di air hangat

Disuria dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri hingga sakit saat buang air kecil. Berendam dalam air hangat diyakini bisa mengurangi rasa tidka nyaman di area organ vital.

 

By https://www.grosirherbalindonesia.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Konsultasi yuk!